Kunci

Sejarah kunci

Gambar kunci kuno

Latar belakangSunting

Pada dasarnya kunci digunakan sebagai sistem keamanan, seperti rumahmobil, ataualmari dan sebagainya. Kunci diperkirakan sudah ada sejak 4.000 tahun silam. Bentuknya sederhana, serupa palang pintu rumah di pedesaan. Kunci terdiri atas dua batang vertikal, satu horisontal, dan anak kunci. Bila palang horisontal dimasukkan di celah dua batang vertikal, dari batang vertikal pertama akan turun batang-batang ramping kecil yang akan masuk ke lubang-lubang bagian horisontal. Batang horisontal tertahan sehingga pintu teralang.

Awal sejarahSunting

Model rangkaian kunci klasik
Kunci klasik dan komponennya
Contoh kunci mekanis tertua ditemukan di antara reruntuhan istana Khorasabad di Niveveh[1]. Kunci ini telah dikenal sebagai kunci pintu Mesir, karena telah lama digunakan di Mesir. Kunci ini adalah cikal bakal modern pin-tumbler. Kunci terbuat dari bahan kayu vertikal yang terdiri dari beberapa kayu longgar dan pasak dengan panjang yang berbeda. Ini dipasang pasak ke dalam lubang di atas sebuah baut kayu, mencegah baut bergerak dan pintu terbuka. Slot miring yang disediakan untuk kunci kayu panjang dengan pasak panjang yang terletak pada satu permukaan dan sesuai dengan pasak di pasang secara vertikal. Ketika kunci dimasukkan ke baut dan diangkat, pasak di dalam rumah sejajar secara merata di bagian atas baut, dan dimungkinkan pintu untuk dibuka. Kunci serupa ditemukan di Norwegiadan pulau Faraoe dan masih digunakan di daerah-daerah tertentu di India dan Mesir.
Orang Yunani menggunakan kunci yang bekerja dengan mengencangkan baut kayu dan pokok ke bagian dalam pintu. Kunci kunci berbentuk sabit kayu atau besi dimanipulasi untuk mengangkat baut, jenis kunci ini lebih aman jika dibandingkan dengan pendahulunya. Bangsa Romawi membuat kunci logam pertama , menggunakan prinsip-prinsip Mesir. Mereka merancang berbagai bentuk pin dengan kunci dan lubang kunci. Banyak tombol yang desain rumit, seperti burung dan bunga. Mereka juga menemukan bangsal yang dimodifikasi sehingga banyak diterapkan pada masa itu. Bangsal adalah proyeksi sekitar lubang kunci, dimana fungsinya adalah tidak akan terbuka bila tidak menggunakan kunci yang tepat. OrangRomawi suka menggunakan miniatur kunci yang bisa dipakai sebagai cincin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah hand and body lotion

Putri duyung

Sejarah lilin