Sejarah fashion


FASHIONPengertian Fashion Berdasarkan sejarah fashion yang telah kami tinjau melalui beberapa media yang menjelaskan sejarah tentang dunia fashion, Fashion berasal dari bahasa inggris, yang artinya cara, kebiasaan, atau mode. Polhemus dan Procter menunjukan bahwa "dalam masyarakat kontemporer barat, istilah fashion kerap digunakan sebagai sinonim dari istilah dandanan, gaya dan busana" (Malcolm Barnard, Fashion sebagai komunikasi). Namun pada dasarnya fashion adalah berfungsi sebagai penutup perlindungan, kesopanan dan daya tarik.Tahun 1920
Pada tahun 1920 fashion sudah di kenal namun dalam bentuk pakaian Cinderella.Pada saat itiu busana yang di kenakan oleh masyarakat dikarenakan terkenalnya dari bangsa Amerika Serikat yang meluas di masyarakat bahkan menjadi pusat mode dunia.Yang dikena ldengan sebutan Flepper. Flepper ini lebih menonjolkan kalau sang pemakai dengan kehidupan glamor sepertu minum alkohol bermakeup dan merokok.

Tahun 1930Tapi pada tahun 1930 seorang merubahnya dalam potongan, warna serta gaya yang mementingkan karakter seorang cewek.Yang bernama Coco Chanel.Pada akhirnya ekonomi Amerika memengalami penurunan karena politik-politik yang akhirnya gaya busana pun ikut berubah. Gaya busana pada saat itu lebih menunjukan Casual,yang berbentuk longgar dan tertutup tanpa ada kesan keglamoran.
Tahun 1940
Adanya WW II atau Perang Dunia ke-2 menyebabkan terpengaruhnya gaya busana dunia. Pabrik-pabrik baju digunakan untuk sarana pembuatan senjata. Bahan pembuatan kain wool digunakan untuk mendanai perang, sehingga munculah produk-produk sintetis  seperti stocking dan pakaian dalam yang  terbuat dari  nilon.
Nuansa baju juga dibuat bewarna hitam dan nuansa Navy dengan warna coklat dan hijau kehitaman. Pakaian yang digunakan kebanyakan  merupakan pakaian yang fleksible digunakan dan mayoritas mengkombinasikan dengan pakaian di era 1930-an. hal ini dikarenakan kebanyakan pabrik pembuat  tekstil digunakan untuk pembuatan  perlengkapan  perang. Selain itu, yang menjadi trend fashion pada  tahun 1940 adalah ikat kepala penutup rambut untuk kalangan perekerja wanita.
Tahun 1960Pada era ini pencinta fashion sudah mulai bosan dengan pakaian dengan warna gelao dan munculah pakaian denga warna-warna cerah yang di lengkapi  dengan motif floral.Kaum Hippie selalu identik dengan pakaian berwarna dan bermotif ramai dan longgar yang menunjukan kedekatan dengan alam, Dan scraft yang berada di atas kepala adalah ciri khas dari pencinta gaya Hipie.
Dan ada juga Tahun 1960 (Camiseta)Tahun 1960 juga dihiasi dengan sering munculnya gerakan-gerakan pemuda yang menentang pemerintah. Peran dan dominasi anak muda dalam perkembangan dunia diawali pada tahun ini. Tidak dapat dihitung lagi banyak pemuda yang menjadi milyader melewati masa mudanya pada tahun 1960, seperti Steve Job dan Bill Gates. Dominasi anak muda secara tidak langsung juga mempengaruhi gaya berbusana masyarakat umum. Budaya memakai celana jins dan kaos oblong pertama kali populer pada tahun-tahun ini. Camiseta sendiri berarti Kaos dalam bahasa Spanyol.



Tahun 1970

PUNK

Tahun 1970an akhir juga diramaikan dengan gaya berbusana Punk. Gaya berbusana Punk  berasal dari Inggris yang kemudian menyebar di Amerika Serikat dan Dunia. Awal mula budaya Punk diramaikan dengan munculnya grup band beraliran Punk bernama Sex Pistols dengan lagunya yang populer pada saat itu yaitu “God Save The Queen”.












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah hand and body lotion

Putri duyung

Sejarah lilin