Kulkas

PENEMU KULKAS

Proses penemuan lemari es (kulkas) sudah dimulai sejak abad ke-18.
Pada tahun 1748, William Cullen dari University of Glasgow mengembangkan proses untuk menciptakan media pendingin buatan.
Pada waktu itu tidak ada yang menaruh perhatian akan potensi komersial dari penemuan ini. Penemuan William hanya digunakan untuk kepentingan ilmiah.
Seorang penemu Amerika, Oliver Evans membuat desain lemari es pertama pada tahun 1804 tetapi sampai 1834 tidak ada yang tertarik sama sekali. Jacob Perkins akhirnya baru mewujudkan desain Oliver pada tahun 1834.
Pada tahun 1844, seorang dokter bernama John Gorrie juga membangun unit pendingin yang digunakan untuk menciptakan ruangan berpendingin bagi pasiennya yang menderita penyakit kuning.
Pada tahun 1876, Carl von Linden menemukan metode untuk meningkatkan proses pencairan gas dan kemudian mematenkannya.
Penemuan Carl sangat membantu dalam pembuatan lemari es yang lebih praktis. Pada waktu itu amonia, sulfur dioksida, dan klorida metil digunakan untuk pendinginan, namun terbukti komposisi ini tidak aman dan menyebabkan banyak kecelakaan.
Setelah itu freon digunakan sebagai media pendingin secara luas sampai ditemukan bukti bahwa penggunaannya tidak ramah terhadap lingkungan dan menyebabkan penipisan lapisan ozon.
Freon atau CFC lantas digantikan HFC sebagai media pendingin yang lebih ramah terhadap lingkungan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah hand and body lotion

Putri duyung

Sejarah lilin