Headset

Mengenal Nathaniel Baldwin, Penemu Headset

images-artikel/kecil/nathaniel-baldwin.jpg
Sumber: squareeye.net
 
 
Jakarta -
Headset merupakan gabungan antara headphone dan mikrofon. Headset biasa digunakan untuk komunikasi ataupun sekedar mendengarkan musik, misalnya untuk VoIP dan sekarang pun headset sudah berkembang dan dapat digunakan pada beberapa teknologi modern contohnya telpon selular. Kita dapat menggunakannya untuk menerima telfon maupun mendengarkan music, dan juga bisa digunakan sebagai mikrofon dalam merekam suara.


Kehidupan awal


Nathaniel Baldwin lahir pada 1 Desember 1878 di Utah, Amerika Serikat. Saat masih anak-anak, Nathaniel suka merakit barang-barang, termasuk sepedanya dan sebuah mesin uap. Dia tidak berasal dari keluarga kaya dan agar bisa sekolah Baldwin harus berjalan 120 mil untuk sampai ke Brigham Young Academy untuk sekolah. Dia kemudian berhasil masuk Stanford University dan mendapat gelar di bidang teknik mesin. Dia kemudian kembali ke Brigham Young Academy, yang sekarnag telah berubaha menjadi universitas, dan mengajar fisika dan teologi.


Nathaniel kembali ke Utah dan mulai memulai bekerja di perkebunan dengan dengan hidroelektrik. Dia juga bekerja sebagai tukang listrik dan operator kompresor udara. Setelah dia sadar dia tidak bisa mendengar suara dari speaker dalam sebuah pertemuan gereja, dia kemudian berusaha untuk mengalirkan suara dengan menggunakan ampli suara yang dikompres. Dia kemudian mengembangkan amplifier ini untuk mendapatkan suara yang lebih baik, yang membuatnya menjadi tokoh yang pertama kali menciptakan headphone di dunia. 


Headset ditemukan pertama kali pada tahun 1910 oleh Nathaniel Baldwin. Namun, penemuannya tersebut tidak langsung menjadi perhatian publik selayaknya penemuan-penemuan pada zaman tersebut. Nathaniel Baldwin tidak mempunyai fikiran untuk memproduksinya secara masal.
 
Headset baldwin
sumber: mashable.com 

Tepatnya pada Perang Dunia I, Angkatan Laut Amerika mengetahui penemuan Baldwin tersebut dan kemudian memproduksi 100 buah headset untuk keperluan perang pada saat itu. Semenjak saat itulah masyarakat mulai sadar tentang manfaat dari penemuan tersebut, bahkan pada tahun 1961 headset telah dipakai pada kokpit pesawat terbang. Para pilot pun menyukainya karena headset ini ringan dan nyaman dipakai, dan headset pertama kali dipakai untuk alat telepon pada tahun 1970. Pada tahun 2000, bersamaan dengan berkembangnya teknologi selular, headset jenis nirkabel berbasis Bluetooth mulai populer dipakai dan diminati masyarakat karena simple dan mudah dipakai.


Nathaniel Baldwin meninggal pada 19 Januari 1961. Berkat penemuannya, kini semua orang bisa mendengarkan musik langsung dengan menggunakan headset.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah hand and body lotion

Putri duyung

Sejarah lilin