Sejarah robot
Sejarah dan perkembangan robot
9 Votes
Awal munculnya robot dapat diketahui dari bangsa Yunani kuno
yang membuat patung yang dapat dipindah – pindahkan. Sekitar 270 BC, Ctesibus,
seorang insinyur Yunani membuat organ dan jam air dengan komponen yang dapat
dipindahkan. Zaman Nabi Muhammad SAW pun, telah membuat mesin perang yang
menggunakan roda dan dapat melontarkan bom.
Versi wikipedia : Robot adalah sebuah alat mekanik yang
dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia,
ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan
buatan). Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan
yang berulang dan kotor. Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam
bidang produksi. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah
beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pekerjaan “cari
dan tolong” (search and rescue), dan untuk pencarian tambang. Belakangan ini
robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, dan alat pembantu
rumah tangga, seperti penyedot debu, dan pemotong rumput.
[sunting] Perkembangan sekarang
[sunting] Perkembangan sekarang
Ketika para pencipta robot pertama kali mencoba meniru
manusia dan hewan, mereka menemukan bahwa hal tersebut sangatlah sulit;
membutuhkan tenaga penghitungan yang jauh lebih banyak dari yang tersedia pada
masa itu. Jadi, penekanan perkembangan diubah ke bidang riset lainnya. Robot
sederhana beroda digunakan untuk melakukan eksperimen dalam tingkah laku,
navigasi, dan perencanaan jalur. Teknik navigasi tersebut telah berkembang menjadi
sistem kontrol robot otonom yang tersedia secara komersial; contoh paling
mutakhir dari sistem kontrol navigasi otonom yang tersedia sekarang ini
termasuk sistem navigasi berdasarkan-laser dan VSLAM (Visual Simultaneous
Localization and Mapping) dari ActivMedia Robotics dan Evolution Robotics.
Ketika para teknisi siap untuk mencoba robot berjalan
kembali, mereka mulai dengan heksapoda dan platform berkaki banyak lainnya.
Robot-robot tersebut meniru serangga dan arthropoda dalam bentuk dan fungsi.
Tren menuju jenis badan tersebut menawarkan fleksibilitas yang besar dan
terbukti dapat beradaptasi dengan berbagai macam lingkungan, tetapi biaya dari
penambahan kerumitan mekanikal telah mencegah pengadopsian oleh para konsumer.
Dengan lebih dari empat kaki, robot-robot ini stabil secara statis yang membuat
mereka bekerja lebih mudah. Tujuan dari riset robot berkaki dua adalah mencapai
gerakan berjalan menggunakan gerakan pasif-dinamik yang meniru gerakan manusia.
Namun hal ini masih dalam beberapa tahun mendatang.
1920


1941
Tahun 1941, barulah istilah robotics digunakan
dalam teknologi robot oleh penulis fiksi ilmiah Isaac Asimov. Dia juga
memprediksi akan munculnya robot-robot industri canggih dimasa datang. Jika
kita lihat hari ini, maka apa yang dibayangkan olehnya terbukti dimana begitu
pesatnya perkembangan robot-robot industri saat ini. Istilah revolusi
robot, robot age atau era robot sudah menjadi hal biasa untuk
menjelaskan perkembangan itu. Robotics diterima sebagai istilah atau
kata untuk mendeskripsikan semua kemajuan teknologi yang berhubungan dengan
robot.
1956

Di Jepang
Karakuri ningyo, merupakan istilah Jepang yang berarti
boneka mekanik atau automata, ditemukan pada abad ke-18 dan 19 Masehi. karakuri
berarti “peralatan mekanik untuk permainan, hiburan, atau memberikan kejutan”,
sehingga dapat dikatakan bahwa dalam karakuri terkandung hal-hal magis atau
elemen misteri, sedangkan ningyo berarti “orang dan bentuk” (tertulis dalam dua
huruf kanji). dengan demikian dapat dikatakan sebagai boneka atau patung.
Karakuri dapat dibagi menjadi tiga tipe utama yakni:
1. Butai karakuri (stage karakuri), digunakan untuk
keperluan dunia teater
2. Zashiki karakuri (tatami room karakuri), merupakan tipe karalkuri berukuran kecil dan digunakan sebagai elemen dekorasi ruangan
3. Dashi karakuri (festival car karakuri), digunakan dalam acara atau festival keagamaan, dengan menampilkannya mitos-mitos tradisional atau legenda-legenda Bangsa Jepang.
2. Zashiki karakuri (tatami room karakuri), merupakan tipe karalkuri berukuran kecil dan digunakan sebagai elemen dekorasi ruangan
3. Dashi karakuri (festival car karakuri), digunakan dalam acara atau festival keagamaan, dengan menampilkannya mitos-mitos tradisional atau legenda-legenda Bangsa Jepang.
Ketiga jenis karakuri tersebut dinilai telah memberikan
pengaruh besar bagi perkembangan dunia teater Jepang seperti Noh, Kabuki,
Bunraku.
berawal dari diciptakannya boneka mekamik karakuri Yumi-hiki doji (pemanah muda) karya Tanaka Hisashige (1799-1881), yang dibuat pertama kali pada akhir zaman Edo (awal tahun 1800-an), dengan menggunakan bantuan benang dan mekanisme mirip kerja timer atau pewaktu, dibantu dengan pegas sehingga dapat menembakan empat anak panah pada sasaran dengan sangat ekspresif layaknya pemanah manusia dalam kyudo (olahraga panahan). beberapa gerakan mekanik karakuri pada masa itu berasal dari mekanisme sederhana, seperti pegas, tali, roda gigi, hingga pemangfaatan beban merkuri (air raksa), air, maupun pasir.
Dewasa ini, karakuri pun berkembang menjadi:
berawal dari diciptakannya boneka mekamik karakuri Yumi-hiki doji (pemanah muda) karya Tanaka Hisashige (1799-1881), yang dibuat pertama kali pada akhir zaman Edo (awal tahun 1800-an), dengan menggunakan bantuan benang dan mekanisme mirip kerja timer atau pewaktu, dibantu dengan pegas sehingga dapat menembakan empat anak panah pada sasaran dengan sangat ekspresif layaknya pemanah manusia dalam kyudo (olahraga panahan). beberapa gerakan mekanik karakuri pada masa itu berasal dari mekanisme sederhana, seperti pegas, tali, roda gigi, hingga pemangfaatan beban merkuri (air raksa), air, maupun pasir.
Dewasa ini, karakuri pun berkembang menjadi:
1. Matsuri karakuri, digunakan untuk keperluan festival
2. Kogyo karakuri, digunakan untuk keperluan hiburan seperti pertunjukan boneka
3. Zashiki karakuri, digunakan untuk keperluan dekorasi (elemen dekoratif) dalam ruangan.
2. Kogyo karakuri, digunakan untuk keperluan hiburan seperti pertunjukan boneka
3. Zashiki karakuri, digunakan untuk keperluan dekorasi (elemen dekoratif) dalam ruangan.

Today
Bentuk robot seperti manusia tidak lagi diperhatikan meski
perkembangan robot android atau humanoid tetap berlangsung dan mengalami
penyempurnaan. Kini robot adalah pekerja industri atau berupa tangan dan lengan
yang dikontrol oleh computer dan dapat dirubah fungsinya dengan mengedit
program robot. Bentuk robot industri ini lebih dikenal sekarang dibanding robot
menyerupai manusia.
Pertanyaannya sekarang apakah robot akan menggantikan
manusia? Kemampuan robot untuk melakukan semua pekerjaan manusia masih jauh
baik dari sisi ketrampilan dan kecerdasan maupun kebebasannya. Robot sekarang
adalah model industri bukan Android dan kita tidak bisa menyamakan kecerdasan
ke robot karena ia bekerja berdasarkan perintah yang dimasukan oleh manusia
sebagai program. Robot bisa melakukan semua gerakan manusia seperti mengambil,
menyentuh, menarik dll tapi robot tidak bisa berfikir. Ilmuwan dan Insinyur
mencoba mengembangan kecerdasan buatan buat robot (AI= Artificial
Intelegent) tapi untuk membuat robot berfikir seperti layaknya manusia
masih sangat jauh.
Kemampuan robot untuk melakukan gerakan manusia sangat
membantu dunia industri seperti industri mobil, proses pengelasan, perakitan,
pemindahan dan banyak lagi. Gerakan berulang yang presisi adalah salah
satu keunggulan robot daripada manusia sehingga didapat hasil produksi yang
konstan dan standard.
Robot industri harus diprogram untuk melakukan semua step
gerakan atau kerja sebelum ia digunakan. Tahap awal ini bisa disebut merangkai
atau membangun pola berfikirnya robot. Benda kerja harus ditempatnya ditempat
yang pasti dan tidak berubah-ubah selama proses (meski sekarang kemajuan object
recognition sudah maju namun dalam prakteknya benda kerja masih harus
diposisikan ditempat yang tetap). Jika benda kerja meleset dari posisinya maka
proses akan salah dan robot tidak bisa mengkoreksinya. Robot tidak bisa melihat
dan mendengar. Dia tidak bisa merasakan objek dan meprediksi adanya kesalahan
dan robot tidak memiliki kemampuan mengadopsi situasi baru yang terjadi
disekitarnya.
Robot memberikan keuntungan tersendiri bagi pekerja industri
dan suatu negara dimana ia bisa memperbaiki kualitas hidup manusia karena bebas
dari pekerjaan yang menjenuhkan, kotor dan penuh resiko atau dalam
istilahnya 3D= Dull, Dirty and Dangerous. Benar bahwa robot akan
menimbulkan pengangguran tapi jangan lupa robot juga menciptakan lapangan
pekerjaa; Insinyur robot, Teknisi, Sales, Programmer dan Pengawas/supervisor. Robot
memberikan keuntungan bagi industri karena adanya peningkatan output dan
perbaikan kualitas. Industri robot tidak mengenal lelah dan keluhan, ia bisa
bekerja tanpa lelah siang malam dengan performance yang sama.
Akibatnya, biaya produk per unit akan turun, menaikan keuntungan dan memberi
dampak positif terhadap pasar serta ekonomi dunia secara keseluruhan.
bagus sekali kak infonya
BalasHapuslipstik wardah warna soft pink