Sejarah monopoli

Sejarah dan Asal Usul Permainan Monopoli 
Dengan melemparkan dua buah dadu, dan berjalan selangkah demi selangkah. Kalau kita sudah melewati satu putaran pertama dan memiliki uang, tinggal pilih apakah ingin membeli atau tidak pada setiap petak yang kita singgahi. Berusaha untuk mengumpulkan uang dan mengumpulkan asset sebanyak-banyaknya dengan harapan mendapatkan pemasukan dari setiap petak yang di singgahi oleh pemain lainnya. Ya, itulah dia sedikit gambaran tentang cara bermain Monopoli. Siapa sih yang nggak tahu Monopoli?
Saya yakin kamu pernah memainkannya. Entah itu sewaktu kecil, atau sampai sekarang kamu tetap suka bermain Monopoli. Permainan yang sangat terkenal dan hampir setiap orang pernah memainkannya ini mengajarkan kamu dalam berstrategi untuk menguasai setiap petak di atas papan Monopoli. Dimainkan bersama 2 orang, 3, atau 4 orang, Monopoli menjadi sebuah permainan yang mengasyikkan. Penasaran mengenai sejarah Permainan Monopoli?
Asal Usul Monopoli
Asal Usul permainan MonopoliSebenarnya sejak awal tahun 1900 sudah ada permainan yang serupa. Yaitu The Landlord’s Game yang diciptakan oleh Elizabeth Magie yang tujuannya untuk mempermudah setiap orang mengerti bagaimana para tuan tanah dapat memperkaya dirinya dan membuat miskin para penyewanya. Kemudian Magie memperkenalkan permainan The Landlord’s Game ini pada tahun 1904. Permainan ini tidak dipatenkan, selain itu tidak ada produsen selain The Economic Game Company yang memproduksi hingga tahun 1910 di New York. Kemudian di Britania Raya permainan ini diterbitkan pada tahun 1913 oleh The Newbie Game Companydi London dengan nama Brer Fox an’ Brer Rabbit.
Permainan ini mulai tersebar dari mulut ke mulut serta variasi dari bermain dari lokal yang mulai berkembang yang diikuti dengan penjualan mainan tersebut. Dan salah satunya adalah Auction Monopoly yang kemudian di singkat menjadi Monopoli. Secara perlahan permainan ini mulai dipelajari oleh Charles Darrow yang akhirnya dipatenkan dan di jual kepada Parker Brothers sebagai penemunya sendiri. Akhirnya, Parker Brothers mulai memproduksi mainan Monopoli secara luas pada 5 November 1935.
Beberapa Fakta serta Keunikan mengenai Permainan Monopoli
1. Monopoli telah di jual lebih dari 110 negara dan telah diterjemahkan ke dalam 43 bahasa, dan yang menjadi fenomenal adalah bahwa permainan Monopoli telah terjual lebih dari 275 juta Monopoli di seluruh dunia dan juga telah dimainkan lebih dari 1 miliar orang.
2. Tahun 1940 sampai dengan 1960, permainan Monopoli menjadi permainan nomor satu di Amerika.
3. Permainan Monopoli terlama berdasarkan sejarah mencatat adalah berlangsung selama 70 hari berturut-turut.
4. Ikon Monopoli telah digunakan sebagai gambar latar pada perangko di beberapa Negara.
5. Sejak pertama dikenalkan ke masyarakat luas, permainan Monopoli hadir dengan berbagai edisi.
6. Terdapat banyak turnamen Monopoli dunia yang pernah diselenggarakan oleh beberapa Negara. Seperti Amerika Serikat, Jepang, Singapura, Belanda, Italia, dan Hongkong.
7. Sebuah papan Monopoli pernah di kirim ke ruang angkasa pada tahun 2007.
8. Sekitar 3000 orang bermain Monopoli secara online demi memecahkan rekor dunia.
9. Papan Monopoli termahal pernah di buat oleh designer Sidney Mabell, dengan papan yang terbuat dari emas 23 karat dan dadu bertabur berlian yang berharga lebih dari US$2.000.000
10. Dengan design yang telah diubah untuk melatih pemahaman dalam berlalu lintas, dengan bernama The Drivers Way, Permainan Monopoli menjadi sebuah syarat wajib untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Afrika.
11. Monopoli Braille yang di buat untuk para Tuna Netra telah diciptakan pada tahun 1970.
Nah, bagaimana mengenai Permainan Monopoli di atas? Selain familiar dan asyik untuk dimainkan, Monopoli juga tidak mengenal usia bagi yang memainkannya. Permainan yang sudah adalah lebih dari satu abad ini tetap eksis hingga sekarang, dan pastinya dengan model gambar atau design yang berbeda-beda.
Sumber gambar : flickr
- See more at: http://www.kenapasih.com/sejarah-dan-asal-usul-permainan-monopoli/#sthash.fK8p0g4M.dpuf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah hand and body lotion

Putri duyung

Sejarah lilin